Minggu, 19 Februari 2017

Terbukti Secara Ilmiah, Ini 5 Makanan Alami Untuk Menurunkan Berat Badan

Anda merasa memiliki berat badan terlalu banyak dan ingin menguranginya? Namun Anda tidak punya waktu untuk berolahraga dan tidak menyukai program diet. Ada cara lain yang bisa  digunakan untuk menurunkan berat badan Anda.

Cara lain itu adalah dengan mengonsumsi bahan makanan dan buah-buahan alami. Selain bisa menurunkan berat badan,  sumber makanan tersebut juga bisa menurunkan kolesterol serta kandungan lemak tubuh.

Berikut lima makanan sehat -secara ilmiah-yang dapat mengurangi lemak, meningkatkan metabolisme tubuh, mengurangi nafsu makan serta menurunkan berat badan:

1.Teh Hijau
Teh Hijau mengandung salah satu jenis antioksidan yang bisa membantu menjaga berat badan yaitu epigallocatechin-3-gallate (EGCG). Antioksidan EGCG memiliki kemampuan meningkatkan pembakaran lemak khususnya yang ada di dalam perut sehingga berat badan bisa dikontrol.

Keberadaan dan fungsi EGCG tersebut telah diteliti dalam sebuah studi dan dipublikasikan di The International Journal of Obesity tahun 2009. Keberadaan EGCG  juga telah diteliti ilmuwan dari Pennsylvania State University tahun 2014.

Penelitian itu memberi laporan bahwa EGCG bahwa dalam teh hijau bisa mencegah penyerapan lemak serta meningkatkan pembakaran lemak dalam tubuh sehingga berat badan bisa dikontrol. Meminum dua hingga tiga cangkir teh hijau dalam satu hari bisa membantu Anda menurunkan berat badan.

2. Alpukat
Alpukat adalah salah satu jenis buah-buahan yang mengandung banyak lemah. Namun demikian, alpukat bisa membantu menurunkan berat badan. Alpukat memiliki senyawa L-Carnitine yang sangat tinggi. Fungsi L-Carnitine adalah membantu metabolisme lemak menjadi energi serta menjadi serat larut atau tidak larut yang efektif terbukti menurunkan berat badan.
                                            Avocado. (pixabay)

Alpukat juga mengandung asam lemak tidak jenuh yang bisa membuat orang merasa kenyang dalam waktu lama. Hal ini telah dibuktikan melalui penelitian yang dipublikasikan dalam Nutritional Journal yang membuat laporan dengan mengonsumsi setengah bagian buah alpukat ketika makan siang bisa membantu meningkatkan rasa kenyang dalam waktu 3-5 jam setelah waktu makan.

Sementara itu, dengan hanya mengonsumsi setengah bagian buah alpukat tiap hari, bisa membantu mengontrol kadar gula dalam tubuh, menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah serta mengontrol berat badan.

Hal tersebut hasil dari studi mengenai buah alpukat yang dipublikasikan pada tahun 2013 oleh Critical Review in Food Science.

3. Kacang Almonds
Bagaimana kacang almonds memiliki peran mengurangi berat badan? The European Journal of Clinical Nutrition pada tahun 2013 mempublikasikan hasil studi tentang kacang almonds yang bisa mengurangi berat badan.

Disebutkan bahwa seseorang yang terus menerus mengonsumsi 150 gram almonds setiap hari hingga empat Minggu ternyata tidak mengalami kenaikan berat badan sedikitpun. Selain itu, kacang Almonds juga mengandung serat, protein, juga lemak tak jenuh yang juga memiliki fungsi menurunkan berat badan. 

                                         Almonds. (pixabay)

Anda cukup mengonsumsi satu genggaman tangan kacang almond, bisa yang sudah direndam dahulu sebagai makanan ringan atau dalam keadaan kering setiap hari.

Namun yang harus diperhatikan adalah jangan makan terlalu banyak kacang almonds karena tinggi sekali kandungan kalori didalamnya.

4. Jeruk
Buah jeruk mengandung protein dan serat yang tinggi.  Baik protein maupun serat bisa membantu mengurangi berat badan yang berlebihan. Secara ilmiah, telah ada pembuktian bahwa seseorang yang rutin mengonsumsi sumber makanan vitamin C tersebut memiliki indeks massa tubuh lebih rendah dibanding orang yang kurang mengonsumsi vitamin C.

Pembuktian tersebut dilakukan oleh riset yang diumumkan oleh American College of Nutrition pada tahun 2005. Kemudian, studi yang dipublikasikan oleh Nutrional Journal tahun 2009 menyebutkan, jeruk juga mengandung serat yang tinggi yang susah dicerna sehingga perut akan terasa kenyang lebih lama.

Konsumsi harian untuk jeruk yang bisa Anda lakukan adalah satu buah jeruk segar atau satu gelas jus jeruk. Praktek mengonsumsi jeruk seperti itu, dapat membantu menurunkan berat badan serta membuat tubuh tetap fit seharian.

5. Jahe
Fungsi jahe sebagai bahan alami penurun berat badan telah diteliti pada studi tahun 2012 yang dipublikasikan pada jurnal Metabolism: Clinical and Experimental. Studi tersebut menemukan fakta bahwa mengonsumsi jahe meningkatkan efek thermic makanan serta meningkatkan rasa kenyang.

Fakta lainnya adalah jahe bisa meningkatkan proses pencernaan serta metabolisme tubuh. Cara mengonsumsi jahe yang dianjurkan adalah minum 2-3 cangkir minuman jahe setiap hari.

Sumber: www.Sehatsatu.com


0 komentar:

Posting Komentar