Kamis, 16 Februari 2017

4 Makanan Membantu Menghilangkan Lemak Perut

Anda boleh percaya atau tidak. Tubuh kita pada dasarnya tidak ingin menjadi tempat menyimpan lemak. Rahasia untuk program diet bukan tentang sulitnya menghitung kalori atau memperoleh hadiah hiburan dari program diet yang diikuti.

Namun sebaliknya, ini tentang bekerja dengan ritme alami tubuh mulai dari waktu makan tubuh dan tidur tubuh untuk menahan nafsu, membakar lemak dan menaikan tingkat energi Anda.  Penelitian diet lemak perut menghasilkan kesimpulan mendapat waktu tidur malam yang cukup akan membantu menurunkan berat badan.

Penelitian memperlihatkan bahwa jam makan serta tidur tubuh kita benar-benar kacau karena tubuh  kita makan makanan yang salah seharian- dan mendapat banyak cahaya lampu pada malam hari.

Hasilnya Anda terperangkap pada “siklus lemak”. Berupa aliran terus menerus dari hormon rasa lapar yang membuat keinginan untuk selalu makan tidak bisa ditolak. Namun jika Anda menyesuaikan jam makan alami tubuh Anda dan tidur sesuai jadwal, Anda sebenarnya pada akhirnya mengatakan selamat tinggal pada lemak perut.

Berikut beberapa sumber makanan yang bisa membantu Anda mencairkan lemak perut Anda serta menurunkan berat badan yang berlebih.

1. Ikan
 Penelitian yang dilakukan memperlihatkan saat Anda diet maka tubuh kekurangan omega-3, kelenjar alami yang berada di tengah otak. Kekurangan kelenjar omega-3 akan merubah produksi hormon tidur yang disebut melatonin.

Perubahan pada melatonin ini menyebabkan manusia terkena insomnia atau kebiasaan kurang tidur. Diet dengan banyak sumber makanan omega-3, disatu sisi, dapat meningkatkan kesehatan jantung, menurunkan risiko terkena lambat berfikir (dementia) dan meningkatkan kekuatan tubuh.

Terkait dengan penurunan berat badan,
Omega-3 mengandung banyak protein. Dalam banyak studi menyatakan, protein membuat perut Anda terasa kenyang. Saat Anda makan lemak dan karbohidrat, Anda membakar banyak sekali kalori dan mencerna protein dari yang Anda lakukan.

                                                Fish. (pixabay)
Untuk mendapatkan omega-3, Anda harus sering-sering mengonsumsi makanan yang mengandung banyak omega-3 seperti hijau daun-hitam, biji rami, kenari, halibut, salmon dan sarden.
Jika memang susah untuk mendapatkan bahan-bahan makanan omega-3 itu, Anda bisa menggunakan suplemen minyak ikan (biji rami).

2. Kacang
Kacang adalah jenis kacang-kacangan lemak yang menjadi sumber meningkatkan kandungan magnesium yang mengatur hormon tidur (melatonin). Jika tubuh kekurangan magnesium, bagian otak yang berfungsi mengatur melatonin tidak akan berfungsi. Hal itu akan mengganggu tidur Anda.

Jika kita kekurangan magnesium maka bisa terkena gangguan afektif musiman (SAD), kondisi depresi serta keinginan mengonsumsi karbohidrat yang muncul karena kurangnya  musim cahaya di musim dingin (hujan).
Studi dilakukan penelilti dari USDA pada tahun 2010 yang diterbitkan pada Magnesium Reseach, memperlihatkan bahwa suplemen magnesium dapat membantu orang yang memiliki waktu tidur yang susah agar bisa tidur dengan nyaman di malam hari.

Bagaimana mendapat magnesium: Makanan yang mengandung banyak magnesium  juga cocok untuk menurunkan berat badan seperti ikan dan kacang yang mengandung banyak protein, kedelai, kacang hitam serta biji-bijian penuh serat seperti dedak.

3. Susu
Susu yang memiliki kandungan kalium
, sangat baik dikonsumsi untuk mengatasi lemak perut. Penelitian di Universitas Alabama di Birmingham, Inggris yang meneliti konsumsi makanan berkalium terhadap 100 wanita yang belum terkena menopause (premenopause), ternyata lemak bisa berkurang dengan signifikan terhadap mereka yang mengonsumsi makanan dengan kandungan kalsium paling tinggi.

Kalium juga dapat membantu menghilangkan rasa sulit tidur karena terkena nyeri otot atau kram. Kalium juga bisa membantu saraf untuk tidak tegang serta memberi kandungan serat.

Cara mendapatkan kalium: susu pabrikan, tapi ada juga cara lain untuk mendapatkan kalsium seperti daun hijau hitam seperti bayam dan kale, jus jeruk yang diperkaya, tahu, dan sarden.

4. Ceri Tart
Ceri tart (asam) adalah salah satu sumber nabati dari hormon tidur (melatonin). Penelitian menemukan fakta bahwa makanan seperti ceri tart bisa menaikkan kadar melatonin pada tubuh.
Selain membantu tidur, melatonin bisa menjadi antioksidan kuat yang bisa melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan radikal bebas sehingga terbebas dari penyakit kanker, alzheimer, dll.

                                          Ceri tart. (pixabay)
Cara mendapat ceri tart: konsumsi ceri tart yang dimiliki. Jika Anda bukan penggemar ceri tart, bisa mengonsumsi jus ceri tart. Penelitian terbaru menyebutkan, Jika Anda minum 8 ons jus teri cart pada pagi hari dan 8 ons pada malam hari dalam waktu 2 minggu, maka Anda bisa tidur lebih nyenyak.


0 komentar:

Posting Komentar