Kamis, 16 Februari 2017

6 Makanan Tinggi Kolesterol yang Harus Dihindari


Risiko terkena penyakit jantung dan stroke bisa terjadi pada orang yang mengonsumsi bahan makanan kolesterol dalam jumlah yang sangat banyak didalam tubuh. Maka dari itu, beberapa makanan tidak direkomendasi atau dilarang dikonsumsi dalam jumlah banyak.

Kolesterol adalah zat lemak yang berada di setiap sel tubuh manusia. Munculnya kolesterol di tubuh tidak hanya dari makanan tapi juga dibuat oleh tubuh di hati. Jadi, tetap menjaga asupan makanan yang terjaga dan tidak terlalu banyak makan makanan adalah hal yang harus dikerjakan sehingga kesehatan tubuh bisa dijaga. 

Jika tubuh mengonsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh cukup tinggi, maka tingkat kolesterol didalam tubuh bisa tidak seimbang sehingga bisa mengakibatkan masalah kesehatan cukup serius dan bisa fatal jika tidak ditangani.

Menjalankan gaya hidup sehat seperti mengonsumsi makanan sehat yang tidak mengandung lemak jenuh dan berolahraga secara rutin harus dilakukan sehingga kolesterol didalam tubuh tetap seimbang.

Berikut daftar jenis makanan yang memiliki kolesterol tinggi dan tidak direkomendasikan dikonsumsi berlebihan atau lebih baik dihindari bagi Anda yang memiliki tingkat kolesterol jahat.

1. Kuning telur
Kuning telur terkenal mengandung kolesterol tinggi dibanding makanan lain. Pada 100 gram kuning telur misalnya, mengandung kolesterol setidaknya 1200 miligram. Jumlah ini sekitar 400 persen lebih tinggi dari jumlah kolesterol yang dibutuhkan setiap hari.

Jadi pada pagi hari Anda makan kuning telur, disarankan untuk menghindari makanan lain yang mengandung kolesterol tinggi.
                                                Kuning telur.(Pixabay)

2. Jantung/ hati
Menurut Asosiasi Hati Amerika, orang yang sedang melakukan program diet tidak disarankan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung 300 mg kolesterol setiap hari. Kenyataannya banyak orang yang suka mengonsumsi hati atau jantung.

Padahal pada setiap 1 ons hati yang diproses jadi makanan mengandung setidaknya 311 mg kolesterol. Lebih besar lagi kandungan kolesterol pada 100 gram hati yaitu 564 mg atau 188% dari konsumsi kolesterol harian.

3. Mentega
Mentega mengandung sejumlah makanan seperti roti, kue, dan makanan lain yang sering dikonsumsi. Sementara pada 100 mg mentega ada sekitar 215 mg kolesterol. Pada 1 sendok makan mentega mengandung 20 mg kolesterol.

Jadi, Anda harus mampu bisa mengurangi makanan yang tingkat kesehatannya kurang yang Anda konsumsi tiap hari.

4. Ayam
Kulit ayam goreng bisa memicu jumlah kolesterol yang terkandung di ayam. Jadi hati-hati untuk mengolah ayam menjadi hidangan tertentu. Jika tidak, Anda akan membuat perbedaan yang besar terhadap kandungan nutrisi yang ada di ayam.

5. Burger keju
Hati-hati jika ingin mengonsumsi keju burger. Kenapa? Karena burger keju memiliki kandungan kolesterol tinggi. Satu burger keju ukuran besar misalnya, mengandung sekitar 175 mg kolesterol.  Jika Anda makan burger keju, tidak disarankan untuk mengonsumsi  makanan lain yang memiliki kolesterol tinggi kentang goreng, susu shakes dan tipe makanan tinggi kolesterol lainnya.

Mengapa? Jika digabung dengan mengonsumsi makanan tinggi kolesterol lainnya, asupan kolesterol harian akan naik dan mengurangi asupan harian.
                                                 Burger keju. (pixabay)
6. Otak Ternak
Mengapa otak ternak mengandung banyak kolesterol? Karena pada 10 grams otak sapi mengandung 2,500 mg kolesterol. Banyaknya kandungan kolesterol pada otak sapi ini tentu harus menjadi pertimbangan terutama bagi orang yang menggemari makanan dari hewan.

Meski belum ada batas konsumsi harian terhadap otak sapi, sebaiknya Anda mulai mengurangi makanan yang dihasilkan dari hewan yang memiliki lemak jenuh sangat tinggi dan mulai meningkatkan asupan dari makanan yang lebih sehat misalnya sayuran, dan ikan.



0 komentar:

Posting Komentar