Kamis, 16 Februari 2017

Awas Bahaya, 5 Makanan Berkolesterol Tinggi

Di dunia yang cepat bergerak saat ini, banyak hal dilakukan dengan cepat.  Termasuk dalam urusan makan. Sehingga tidak jarang karena ingin cepat mendapat makanan, banyak orang yang justru salah memilih makanan.

Banyak orang malah mengonsumsi makanan yang mengandung kolesterol. Padahal kolesterol sangat berbahaya  untuk kesehatan tubuh manusia. Parahnya, banyak sekali jenis makanan yang mengandung kolesterol.

Dilansir dari beberapa sumber, berikut tujuh makanan yang mengandung kolesterol tinggi:

1.Es krim
Anak-anak sangat menyukai  es krim. Demikian pula remaja bahkan orang dewasa. Padahal es krim adalah salah satu jenis makanan yang mengandung kolesterol tinggi. Diketahui, dalam satu gelas es krim mengandung cukup banyak kolesterol jika dibanding dengan satu porsi hamburger.

Bahkan es krim memiliki kandungan kolesterol yang lebih tinggi daripada 10 donat. Apabila Anda memang ingin makan es krim, hindari es krim yang mengandung kolesterol tinggi. Atau jika anda punya niat untuk mengganti es krim dengan makanan yang sehat, Anda bisa mengganti es krim dengan buah-buahan segar ataupun makanan yang sehat lainnya.

Dengan mengonsumsi buah berarti Anda mendapatkan nutrisi berupa serat dan vitamins serta rendah kalori  yang bagus untuk kesehatan tubuh.

2. Gorengan
Makanan yang dibuat dengan cara digoreng bisa menghadirkan kolesterol. Waspadalah terhadap makanan yang diproses dengan cara digoreng dengan minyak yang digunakan terus menerus atau menggunakan minyak yang sangat panas. Mengapa? Proses membuat makanan dengan digoreng dengan minyak memiliki dampak pada meningkatnya tingkat kolesterol pada tubuh seseorang.

Selain itu, saat minyak semakin sering digunakan untuk memasak, maka penggunaan asam lemak jenuh juga akan makin banyak.

                                               Fried. (Pixabay)
Satu makanan gorengan juga bisa meningkatkan kolesterol jahat atau LDL (Low Density Lipoprotein) disebabkan oleh lemak bawaan yang juga tipe lemak. Kolesterol jahat juga mudah untuk melekat pada dinding pembuluh darah yang bisa meningkatkan penyakit kardiovaskuler dan stroke seseorang.

2. Udang
Udang adalah salah satu sea food yang terkenal memiliki kandungan kolesterol relatif tinggi. Satu udang paling tidak memiliki kandungan kolesterol kira-kira 11 mg. Satu ons udang mengandung setidaknya 55 mg kolesterol.

Sementara untuk 100 mg udang mengandung kolesterol setidaknya 195 mg. Memang tidak semua sea food memiliki kandungan kolesterol tinggi. Namun, jika ingin mengonsumsi sea food lebih baik dengan cara direbus daripada digoreng.

                                                 Shrimp. (Pixabay)

3. Makanan cepat saji
Makanan cepat saji memiliki kandungan kolesterol dengan tingkat yang cukup tinggi karena berisi minyak tak  jenuh ganda . Lemak jenuh ganda adalah hasil dari hidrogen tambahan pada minyak sayur yang biasanya digunakan untuk memasak Makanan cepat saji.

Makanan cepat saji seperti telur, biskuit dan chips mengandung kolesterol setidaknya 172 mg pada tiap 100 mg. Sementara biskuit mengandung kira-kira 246 mg kolesterol.

4. Keju
Pada dasarnya, keju adalah salah satu sumber makanan protein serta kalsium yang baik untuk tubuh. Hal itu berlaku untuk tubuh vegetarians. Sedang bagi non-vegetarian, keju adalah makanan lezat yang bisa dikonsumsi dan digunakan pada banyak hidangan dan roti.

Namun, kenyataannya, keju sebanyak 100 mg mengandung 123 mg kolesterol. Lalu tiap satu inci keju mengandung sekitar 21 mg kolesterol. Sehingga jika Anda ingin mengonsumsi keju, harus dilakukan secara terbatas dan tidak dimakan dalam jumlah banyak tiap hari.

5. Daging Olahan  

Ayam, kambing, domba, dan sapi memiliki perbandingan jumlah kolesterol yang tidak berbeda saat telah diproses. Jumlah kolesterol yang dikandung dalam daging olahan juga berdasarkan besarnya satuan daging serta garam yang digunakan selama diolah. Jadi saat sudah diolah , mungkin kolesterol yang ada pada tiap tipe daging porsinya sama.

0 komentar:

Posting Komentar