Jumat, 17 Februari 2017

Bagaimana Kopi Bisa Membantu Pembakaran Lemak

Anda berencana menjalankan program diet atau sedang melakukan program diet? Salah satu material yang bisa dimasukkan dalam rencana program diet Anda adalah kopi. Atau Anda bisa menggunakan kopi ketika Anda sedang program diet.

Apa alasan kopi bisa menjadi sumber program diet Anda? Karena sejumlah penelitian memperlihatkan kopi –melalui senyawa yang ada didalamnya- bisa membantu pembakaran lemak tubuh. Dengan pembakaran lemak tubuh yang baik, otomatis menghilangkan lemak dari tubuh sehingga berat badan jadi turun.

Selain itu, senyawa yang ada didalam kopi, yaitu kafein disebut sebagai salah satu dari sangat sedikit senyawa alami yang  telah terbukti bisa membantu pembakaran lemak tubuh.  Sebuah studi menyatakan, kafein secara khusus bisa meningkatkan pembakaran lemak tubuh dengan tingkat berbeda-beda antara pemilik berat badan yang besar dengan kecil.

Untuk  orang gemuk, pembakaran lemak melalui kafein bisa mencapai 10 persen. Sementara bagi pemilik badan kurus, prosentasenya bisa mencapai 29 persen. Lalu bagaimana caranya kafein bisa membantu pembakaran lemak yang sangat penting bagi program diet?

Begini ceritanya, saat kafein berada didalam otak, ia akan menghadang laju adenosine, penghalang proses neurotransmitter. Penghadangan ini dilakukan agar kafein bisa meningkatkan pembakaran terhadap neuron serta melepas senyawa yang ada didalam neurotransmitter seperti norepinephrine serta dopamine.

Kafein merangsang sistem saraf yang mengirim sinyal langsung ke sel lemak untuk memberitahu mereka guna memecah lemak yang tersimpan. Hal lain yang dilakukan kafein adalah untuk meningkatkan tingkat darah yang ada pada hormon Epinephrine. Orang mengenalnya dengan adrenaline. 

Hormon Epinephrine  berjalan melalui darah ke jaringan lemak dan mengirim sinyal untuk memecah lemak  dan melepasnya ke dalam darah. Begitulah caranya bagaimana kafein membantu menggerakkan lemak dari jaringan lemak.

Selain membantu membakar lemak tubuh, kafein juga mempercepat tingkat waktu metabolisme. Percepatan metabolisme tubuh  oleh kafein mencapai 3-11 persen. Makin tinggi tingkat metabolisme tubuh yang berlangsung, makin mudah bagi pelaku program diet untuk mendapatkan berat badan.

                                         Kopi. (Pixabay)

Selain itu,  kita bisa mempersilakan diri sendiri untuk makan tanpa ada makin bebas makan tanpa harus mendapat larangan. Menariknya, seringnya terjadi peningkatan metabolisme tubuh disebabkan oleh meningkatnya pembakaran lemak.

Kopi tidak hanya sekedar air hitam yang hangat. Senyawa pada biji kopi bisa diambil hingga sampai minuman terakhir. Pada kenyataannya, kafein mengandung beberapa senyawa aktif biologi yang memberi dampak metabolisme:
1.Kafein: Sebagai stimulan pada pusat sistem saraf
2. Theobromine and Theophylline: Senyawa yang terkait dengan kafein yang juga dapat berdampak sebagai stimulan.
3. Chlorogenic Acid: Salah satu komponen aktif biologi pada kopi, dan mungkin membantu penyerapan karbohidrat.


Dari tiga senyawa itu, kafein menjadi yang paling penting karena ampuh dan telah dipelajari secara menyeluruh. Maka tidak mengherankan bila kafein ditemukan pada hampir semua iklan suplemen pembakar lemak.

0 komentar:

Posting Komentar