Rabu, 22 Februari 2017

Bagaimana Mengurangi Risiko Penyakit Jantung? Konsumsi Ikan

Jantung pada manusia memiliki peran sangat penting karena berperan dalam mengalirkan nutrisi ke  seluruh tubuh. Penelitian menyebutkan, problem seksual yang terjadi pada seseorang, menurut penelitian adalah gejala dari jantung yang sakit.

Salah satu jenis makanan yang membantu menyehatkan jantung adalah ikan. Apa alasannya? Mengingat ikan mengandung antara lain kolesterol baik berupa asam lemak omega 3 yang membantu mengurangi risiko terkena serangan jantung. Caranya, dengan mengonsumsi satu porsi ikan laut setiap Minggu.

Berikut enam  jenis ikan yang baik untuk kesehatan jantung:
1.Tiram
Tiram atau kerang adalah makanan yang mengandung sumber protein serta lemak omega-3 yang berfungsi menangkal radikal bebas pada tubuh. Omega 3 sebagai kolesterol baik dapat mengurangi kadar kolesterol jahat dalam aliran darah serta menghambat dari mengikat pembuluh darah dan dinding arteri sehingga mengurangi komplikasi penyakit jantung.
    
                                                 Tiram. (pixabay)
2.Kepiting
Jenis ikan laut ini mengandung banyak natrium. Fungsi natrium adalah mengganti peran garamsaat memasak. Selain natrium, kepiting juga memiliki kandungan asam lemak omega-3 serta protein sehat.

                                                 Kepiting. (pixabay)

Omega-3 pada kepiting berfungsi menurunkan kadar kolesterol jahat pada darah yang dapat mencegah penyakit kardiovaskuler.

3. Salmon
Salmon diyakini sebagai sumber nutrisi yang memiliki banyak sekali nilai gizi berupa vitamin dan mineral penting bagi tubuh. Misalnya salmon memiliki omeg 3  atau lemak baik serta beberapa vitamin seperti vitamin A,B,B6, D dan vitamin E.

Omega 3 pada salmon bisa menurunkan kolesterol jahat. Jika Anda baru saja terkena sakit jantung, kolesterol jahat pada tubuh harus dihilangkan. Maka mengonsumsi salmon adalah salah satu jawabannya.

4. Sarden
Ikan sarden adalah salah satu varietas hasil laut dengan kandungan gizi tinggi. Seperti kandungan asam lemak omega-3 yang ada pada satu potong sarden yang mampu bisa menjaga jantung tetap sehat dan menurunkan tekanan darah tinggi.

5. Udang
Udang merupakan jenis ikan laut yang memiliki kandungan vitamin B12 yang sangat tinggi. Vitamin B12  memiliki fungsi untuk pembelahan sel dan mineral selenium.  Keberadaan mineral selenium mampu melindungi kekebalan tubuh karena membantu menangkal kerusakan sel karena radikal bebas yang menyebabkan penyakit jantung.

6. Cumi-cumi
Jenis ikan yang dijuluki tarantula ini memiliki protein yang tinggi, yodium, vitamin B, seng, tembaga juga asam lemak omega 3. Omega-3 pada cumi-cumi bisa mendukung kesehatan jantung. Sedang tembaga berguna untuk pembentukan sel darah merah serta metabolisme zat besi di dalam tubuh.
Yang perlu mendapat perhatian adalah hati-hati dalam mengonsumsi makanan laut termasuk cumi-cumi agar tidak menimbun kolesterol dalam jumlah tinggi. Jumlah kolesterol dalam tubuh yang disarankan hingga 300 mg saja.
Jadi jika Anda ingin mengonsumsi cumi-cumi, disarankan untuk dimasak dengan d

0 komentar:

Posting Komentar