Senin, 27 Februari 2017

Bagaimana Memperoleh Sarapan Sehat untuk Membantu Menurunkan Berat Badan | My Raizor Transformation

Aktifitas harian yang cukup banyak sering sekali mengorbankan aktifitas sarapan Anda. Padahal sarapan sangat penting sebagai sumber energi untuk menunjang aktifitas pekerjaan Anda. Jika pada pagi hari tidak sarapan, pada siang harinya, porsi Anda akan makan lebih banyak dari seharusnya mengingat sejak malam hingga siang hari tubuh kekurangan sumber energi.

Bagaimana Memperoleh Sarapan Sehat untuk Membantu Menurunkan Berat Badan | My Raizor Transformation

Jika Anda sedang diet, maka makan dengan porsi yang tidak seharusnya, bisa mengganggu program diet Anda. Berikut sejumlah cara untuk mendapatkan sarapan sehat untuk membantu program diet Anda:

1.Waktu sarapan
Pastikan Anda bisa sarapan mulai pukul 7 hingga pukul 10 pagi. Jika Anda sarapan diluar waktu sarapan tersebut, maka konsumsi makan Anda pada siang hari akan  lebih banyak porsinya untuk mencukupi sumber energi tubuh yang belum diisi sepanjang malam hingga siang hari.

Penelitian menyebutkan dengan melewatkan sarapan, pada orang-orang yang terkena penyakit diabetes tipe 2 berakibat pada lonjakan gula darah. Bagi yang merasa kesusahan untuk sarapan pagi, usahakan sarapan dengan porsi ringan saja. Misalnya dengan minum air putih atau minum jus buah segar.

Setelah beberapa waktu, diharapkan sudah bisa sarapan pagi secara normal dengan rutin. Seperti mengonsumsi buah-buahan segar, telur, serta nasi. Waktu yang paling baik untuk melakukan sarapan adalah 30 atau 60 menit setelah bangun tidur.

2. Sarapan dengan gizi seimbang
Lakukan sarapan untuk memperoleh sumber energi tubuh agar bisa digunakan untuk aktifitas seharian. Menu sarapan disarankan mengandung nutrisi seimbang antara karbohidrat, protein, lemak sehat, kalium, zat besi, serat juga vitamin.

Tubuh membutuhkan nutrisi-nutrisi tersebut untuk memulai proses metabolisme tubuh. Karbohidrat berfungsi sebagai sumber energi tubuh. Sumber karbohidrat yang bisa digunakan untuk sarapan antara lain makanan dari biji-bijian utuh seperti roti gandum, sayur-sayuran dan buah-buahan.

Protein memiliki kegunaan sama dengan lemak sehat  yaitu memberikan rasa kenyang dalam waktu lama.  Sumber protein untuk sarapan antara lain ikan, biji-bijian, kacang-kacangan, susu kedelai, telur dan produk susu.
Sedang makanan sumber lemak sehat berupa ikan, mentega, kacang-kacangan, biji-bijian juga minyak zaitun.

3. Jus buah
Sarapan dengan jus buah juga baik Anda lakukan terutama karena Anda benar-benar sibuk pada pagi hari sehingga tidak sempat makan. Jadi sediakan buah-buahan di rumah agar bisa membuat jus sesuai keinginan.

                                          Jus buah. (pixabay)
Namun, yang perlu diingat adalah saat membuat jus, jangan ditambahi susu atau gula. Bila memang harus membeli jus, disarankan untuk tidak membeli jus dalam kemasan, bebas pengawet, bebas pewarna hingga pemanis buatan.

4. Gunakan kismis dan kacang
Untuk membuat menu sarapan sehat bisa dengan menggunakan kismis dan kacang. Kismis bisa digunakan untuk mengganti buah segar. Sedang kacang, bisa digunakan untuk menu sarapan yang baik dengan kandungan lemak tak jenuh didalamnya.
                                               Kacang. (pixabay)

Dengan mengonsumsi lemak dalam jumlah sedikit bisa membantu proses penyerapan nutrisi lebih maksimal pada pagi hari.

5. Hati-hati makanan mengandung garam

Waspada jika ingin sarapan pagi dengan makanan yang mengandung garam. Anda harus memastikan kadar garam pada tiap makanan yang Anda makan tidak melebihi 500mg. Terlalu banyak mengonsumsi garam bisa membuat rasa kembug saat Anda bangun tidur.

0 komentar:

Posting Komentar