Sabtu, 25 Februari 2017

Bagaimana Mendapatkan Makanan Sehat untuk Jantung? Garam. Tapi Batasi Konsumsinya

Bagi manusia, jantung yang sehat memiliki peran sangat penting. Mengonsumsi makanan untuk membuat jantung sehat bisa memberikan banyak manfaat bagi tubuh. Seperti memperlancar tekanan darah, mengontrol gula darah, kolesterol dan berat badan dll.

Agar jantung bisa berfungsi dengan baik, Fokus saja pada sumber makanan yang harus dimakan bagi kesehatan jantung Anda. Mengonsumsi makanan untuk membuat jantung sehat bisa memberikan banyak manfaat bagi tubuh.

Seperti memperlancar tekanan darah, mengontrol gula darah, kolesterol dan berat badan dll. Jantung merupakan organ tubuh yang memiliki peran sangat penting bagi manusia. Kesehatan jantung perlu memperoleh prioritas untuk selalu dijaga.

Salah satu cara untuk mendapatkan kondisi jantung yang sehat adalah dengan membatasi konsumsi garam.  Kebanyakan orang mengonsumsi sodium dan garan diluar ukuran yang berasal dari makanan kemasan. Perilaku makan banyak garam tersebut akan mempengaruhi kesehatan jantung. Mengapa?

Garam memiliki kandungan natrium, zat yang ada didalam tubuh dengan fungsi mengontrol tekanan dan volume darah. Selain itu, garam juga bisa menjaga keberadaan kadar cairan dalam tubuh, dan mendukung kerja otot serta saraf.

Namun, jika konsumsi garam berlebihan, akan menyebabkan penyakit tekanan darah tinggi (hipertensi), yang pada akhirnya akan membuat penyakit jantung bahkan juga stroke. Apabila tubuh terlalu banyak garam, kinerja jantung akan bertambah banyak dalam menyuplai darah segar ke seluruh tubuh.

Hal ini terjadi karena ginjal mengeluarkan lebih banyak air sehingga volume darah yang dipompa keluar oleh jantung juga makin banyak.Selain itu, dengan menumpuknya garam didalam tubuh, akan mengganggu fungsi saraf normal antara lain pada penderita gagal ginjal jenis kongesif.

Maka, langkah strategis yang bisa Anda lakukan agar jantung tetap sehat adalah mengatur konsumsi garam untuk tubuh atau disebut diet garam. Asupan garam untuk orang dewasa sebenarnya sangat minimalis, hanya 6 gram saja.

                                         Garam. (Pixabay)

Apabila semua makanan yang dikonsumsi mengandung garam, sudah bisa dibayangkan, betapa tinggi tumpukan garam yang ada didalam tubuh. Lalu bagaimana menjalankan diet garam? Berikut beberapa langkah melakukan diet garam.

1. Mengonsumsi makanan segar seperti sayuran dan buah-buahan dengan jumlah banyak. Alasannya, sayuran dan buah segar mengandung jumlah garam alami rendah. Selain sayur dan buah segar, Anda bisa memilih daging segar namun harus menghindari sosis dan bacon sebagai contoh dari daging olahan.

2. Jika Anda  berada di restoran untuk makan, Anda bisa meminta jumlah garam serta beragam saus dikurangi. Kurangi penggunaan saus yang memiliki kandungan sodium seperti kecap, saus salad, saus tomat,mostar, dll.

3. Apabila Anda membeli makanan olahan, disarankan membaca label untuk mendapatkan makanan yang kandungan natrium dan sodium rendah. Makanan sangat rendah natrium mengandung kurang dari 35 mg tiap penyakian. Sedang untuk makanan rendah sodium 140mg tiap penyajian.


4. Kurangi penggunaan garam pada saat memasak. Bakan bahan-bahan seperti lada, bawang putih, jahe, cabai, jeruh nipis, tomat, adas, paprika, oregano, seledri, tomat.paprika,oregano, seledri sebagai bumbu.

0 komentar:

Posting Komentar