Senin, 13 Februari 2017

Cara Membuat Metabollisme Anda Lebih Baik

Beberapa orang memiliki proses metabolisme tubuh yang cepat. Sementara bagi kebanyakan orang, metabolism mulai mengalami perlambatan terus menerus setelah usia 40. Anda memang tidak bisa mengubah umur, jenis kelamin, atau genetika.

Namun ada cara lain untuk meningkatkan metabolisme Anda. Berikut adalah 9 caramengatur metabolisme tubuh:

1.Membentuk otot
Tubuh Anda terus-menerus membakar kalori, bahkan ketika Anda tidak sedang melakukan apa-apa. Rata-rata Metabolisme tubuh (RMR) yang istirahat jauh lebih tinggi pada orang dengan lebih banyak otot. Setelah sesi latihan kekuatan, otot diaktifkan di seluruh tubuh Anda, meningkatkan tingkat metabolisme rata-rata harian Anda.

2. Perbanyak minum air putih
Tubuh Anda membutuhkan air untuk memproses kalori. Jika Anda mengalami sedikit dehidrasi saja, metabolisme Anda dapat memperlambat. Dalam sebuah penelitian, orang dewasa yang minum delapan atau lebih gelas air dalam satu hari bisa membakar lebih banyak kalori daripada mereka yang minum empat kali.

3. Coba Minuman Energi
Beberapa bahan dalam minuman energi dapat memberikan peningkatan metabolisme. Mereka penuh kafein, yang bisa meningkatkan jumlah energi yang digunakan tubuh Anda. Minuman energi menyimpan Taurin dan asam amino.

                                                Energy drink. (Pixabay)
Taurin dapat membantu mempercepat metabolisme tubuh Anda serta juga dapat membantu membakar lemak.

4.Konsumsi makanan ringan dengan cerdas
 Makan lebih sering dapat membantu menurunkan berat badan Anda. Ketika Anda makan makanan besar dengan diantaranya banyak waktu, metabolisme Anda melambat di antara waktu makan. Memiliki makanan kecil atau camilan setiap 3 sampai 4 jam terus engkol metabolisme Anda, sehingga Anda membakar lebih banyak kalori selama sehari.

5. Konsumsi makanan pedas
Makanan pedas memiliki bahan kimia alami yang dapat mempercepat proses metabolisme tubuh Anda. Memasak makanan dengan satu sendok makan cabai merah cincangatau hijau dapat meningkatkan tingkat metabolisme Anda.

6.Perbanyak protein

Tubuh Anda membakar lebih banyak kalori mencerna protein daripada makan lemak atau karbohidrat. Sebagai bagian dari diet seimbang, ganti beberapa karbohidrat dengan lemak,makanan kaya protein dapat mempercepat metabolisme pada saat makan.

7. Sesap Beberapa Kopi Hitam
Jika Anda seorang peminum kopi, Anda mungkin menikmati energi dan konsentrasi tunjangan. Kafein dapat membantu Anda menghilangkan rasa lelah dan bahkan meningkatkan daya tahan tubuh saat Anda berolahraga.

8. Isi ulang dengan teh hijau
Penelitian menunjukkan bahwa minum 2 sampai 4 cangkir baik teh dapat mendorong tubuh untuk membakar 17% kalori lebih banyak selama latihan cukup intens untuk waktu yang singkat.

9. Hindari Diet Ketat
Diet ketat - yang melibatkan makananlebih sedikit dari 1.200 (jika Anda seorang wanita) atau 1.800 (jika Anda seorang pria) kalori per hari – merupakan pilihana buruk bagi siapa pun yang berharap untuk mempercepat metabolisme mereka.
Meskipun diet ini dapat membantu Anda menurunkan berat badan, tapi diet ini dilakukan dengan mengorbankan gizi yang baik. Plus, diet ketat bisa menjadi bumerang, karena Anda dapat kehilangan kekuatan otot, yang pada gilirannya memperlambat metabolisme Anda.
Hasil akhir adalah tubuh Anda membakar lebih sedikit kalori dan tidak mendapatkan keuntungan berat badan lebih cepat dari sebelumnya diet.



0 komentar:

Posting Komentar