Sabtu, 11 Februari 2017

5 Makanan untuk Diet Rendah Karbohidrat


Ada banyak program diet yang dijalankan guna memperoleh tubuh ideal. Diet rendah karbohidrat sudah terbukti bisa menurunkan berat badan. Cara melakukan diet rendah karbohidrat dengan mengurangi konsumsi makanan karbohidrat dalam tubuh.

Cara lainnya adalah dengan mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat rendah. Selain jenis makanan yang rendah karbohidrat, diet rendah karbohidrat  juga bisa dilakukan dengan menjalankan terapi.
Fungsi terapi ini adalah membantu pelaku diet rendah karbohidrat memiliki kebiasaan mengonsumsi asupan rendah agar diet yang dijalankan berjalan selain juga untuk menjaga kesehatan.

Tulisan ini belum akan menerangkan tentang terapi untuk diet rendah karbohidrat tapi mengenai lima makanan untuk diet rendah karbohidrat:

1. Konsumsi lemak sehat

Minyak ikan memiliki kandungan Omega-3 yang memiliki unsur lemak sehat. Mengonsumsi lemak sehat merupakan usaha yang baik untuk dijalankan para pelaku program diet rendah karbohidrat.

2. Konsumsi protein

Konsumsi diet rendah karbohidrat berasal dari beragam sumber protein dari hewani maupun nabati. Produk protein nabati antara lain kelompok kacang-kacangan seperti kacang hijau, kacang merah, kacang tanah, kacang kedelai dan kacang tholo.

Kacang-kacangan memiliki kandungan nutrisi lengkap. Selain itu, pecel, kecap, tauco, tempe, tahu, oncom dan wijen juga merupakan sumber protein nabati.
                                         Air kelapa. (pixabay)
Sumber protein hewani adalah telur yang merupakan sumber makanan dengan nutrisi yang lengkap sehingga nilainya nyaris sempurna. Selain telur, sumber protein hewani lainnya adalah daging sapi, daging kambing, ikan laut, kerang, udang, cumi-cumi, lele serta ikan tawar.

3. Konsumsi buah-buahan

Bagi Anda yang sedang melakukan diet rendah karbohidrat sangat cocok untuk mengonsumsi buah-buah yang mengandung banyak serat yang penting bagi kesehatan sistem pencernaan tubuh.

Buah yang banyak serat bisa mencegah dan mengurangi risiko hipertensi, jantung serta penyakit stroke. Buah-buahan yang mengandung banyak serat tersebut antara lain jenis buah beri seperti bluberi dan raspberi, jeruk, apel, pir, serta pisang.

4. Konsumsi sayuran
Untuk menjalankan program diet rendah karbohidrat membutuhkan asupan sayuran hijau yang memiliki kandungan serat serta proses memasak sayuran hijau yang dimasak tanpa menggunakan santan.

Sayuran hijau yang banyak mengandung serat adalah brokoli, serta kubis. Brokoli merupakan jenis sayuran yang mengandung antioksidan sebagai unsur melawan radikal bebas penyebab penyakit kanker. Sedang kubis juga memiliki unsur antioksidan.

5.  Konsumsi karbohidrat kompleks
Sereal, kentang, gandun, jagung serta beras merah merupakan sumber karbohidrat kompleks yang bagus untuk pelaku diet rendah karbohidrat. Jagung misalnya selain merupakan sumber serat yang sangat baik juga memiliki rendah gula.
Jagung yang rendah gula sebagai pengganti nasi putih bisa membantu mengendalikan gula darah yang ada pada penderita diabetes sehingga menghindarkan penyakit diabetes.
Kemudian beras merah memiliki serat lunak yang penting untuk menurunkan berat badan. Kandungan serat dalam beras merah membantu memperlancar buang air besar.


0 komentar:

Posting Komentar