Sabtu, 14 Januari 2017

Anda ingin diet, berikut cara diet berdasarkan golongan darah

Diet golongan darah adalah rencana nutrisi dengan mendasarkan pada golongan darah yang dimiliki
Diet dengan golongan darah ini menjadi terkenal setelah kemunculan buku dari Peter D’Adamo yang berjudul Eat Right 4 Your Type. 

Buku ini kemudian menjadi buku paling laris dan D’Adamo mengaku bahwa diet golongan darah tidak akan hanya menghasilkan penurunan darah TAPI juga membantu menghilangkan alergi dan infeksi serta mempromosikan kesehatan yang baik secara keseluruhan.

Dr. D’Adamo memulai prmosi memakan makanan yang tepat sebagai jalan untuk meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan.  Bagaimananpun, dalam beberapa tahun terakhir  ia telah membangun seluruh hal tentang suplemen nutrisi  yang mengandung pil, minuman shakes, produk kulit, bahkan coklat dibuat untuk dikembangkan untuk setiap empat golongan darah.

Penyederhanaan diet golongan darah

Singkatnya, diet dengan golongan darah mengenai seputar memakan makanan yang dipercaya D’Adamo bekerja secara kimiawi dengan golongan darah khusus yang dimiliki orang yang diet.  D’Adamo percaya bahwa dengan memakan makanan dimana “badan anda didesain untuk makan” hal ini dapat menyembuhkan secara sendiri dan menjadi  sehat.

1. Golongan Darah O
Bagi mayoritas orang, ketentuan diet adalah rendah (secara karbohidrat) tapi tinggi proteinnya seperti makan daging dan ikan) serta rendah susu produk.

Makanan untuk diet bagi golongan darah O
Pilihlah daging sapi tanpa lemak , ayam (daging ayam yang warnanya bersih), ikan, ayam kalkun, sayur-sayuran, dan buah.
Makanan yang harus dibatasi adalah susu, dan kacang-kacangan.
Hindari beberapa makan berikut ini untuk diet bagi golongan darah O: avocaro, kacang brazil, jeruk, kembang kol, sawi, kubis,  daging babi, terong, jagung, angsa, dam biji opium.

2. Golongan Darah A
Orang dengan golongan darah A harus makan banyak ikan dan sayur, dengan sedikit penggunaan susu. Lakukan latihan ringan saja untuk kebutuhan olahraganya.

Makanan untuk diet golongan darah A
Pilihan makanannya adalah ikan, sayuran, kacang, gandum dan buah-buahan umumnya.
Makanan yang perlu dibatasi adalah ayam, daging kalkun serta susu
Makanan yang perlu dihindari: daging sapi, babi, kerang, keju yang telah berusia, kacang mete, ginjal dan kacang lima, pistachio, dedak gandum, ketnang, buah zaitun, ubi jalar, kubis, jamur, tomat, melon,pisajg, jeruk, mayo, bir serta teh hitam.

3. Golongan darah B
Orang dengan tipe darah B harus makan banyak daging tertentu, susu, beberapa macam ikan, dan banyak-banyak buah dan sayur.

Makanan untuk diet golongan darah B

Makanan yang bisa dipilih adalah daging kambing, kelinci, ikan, susu yang umum, nasi, oatmeal, daun  hijau, daging rusa, sayuran, dan buah-buahan.
Makanan yang harus dibatasi adalah daging sapi dan daging kalkun.
Beberapa makanan yang harus dihindari: Daging ayam, babi, keju Amerika, keju biru,  unggas, kerang-kerangan, wijen, buncis, kacang hitam, gandum, jagung, tomat, alpukat, labu, buah zaitun, kelapa, delima, merica, kecap, minuman keras sulingan.

4. Golongan darah AB
Makanan yang bisa digunakan untuk pelaku diet yang memiliki golongan darah AB adalah kombinasi makanan yang bisa digunakan oleh pelaku diet yang memiliki golongan darah A dan golongan darah B dan memiliki banyak pilihan makanan untuk pelaku diet dengan golongan darah AB.

Makanan yang bisa dikonsumsi  oleh pelaku diet golongan darah AB: daging kambing, daging kalkun, daging domba, ikan, telur, yogurt, susu bebas lemak, keju halus, semua kacang dan kacang polong, semua gandum, semua buah dan sayuran.

Makanan yang harus dibatasi: tidak ada batasan makanan untuk  golongan darah AB.

Beberapa makanan yang harus dihindari: daging sapi, babi, daging unggas, daging rusa,  kerang-kerangan, keju berumur, wijen, ginjal, kacang lima, biji bunga matahari, jagung, alpukat, paprika, zaitun hitam, buah-buahan tropis, jeruk, lada, teh hitam, minuman keras sulingan.
Ilustrasi darah. 

Apakah jenis diet berdasarkan golongan darah ini memang bisa dilakukan?
Dr.D’Adamo mengkalim bahwa  rekomendasi tentang diet berdasarkan golongan darah ini didasarkan pada bukti ilmiah. Meski demikian terlalu pagi untuk menyetujui klaim tersebut.  Berikut beberapa alasan  untuk mempertanyakan keberadaan teori diet berdasarkan golongan darah:
1. Metabolisme dan/ata sensitif gula bisa menjadi faktor kunci saat memutuskan diet-tidak berdasarkan golongan darah.
2. Dua orang bisa punya metabolisme yang berbeda dan punya tipe darah yang sama. Orang yang pertama sensitif terhadap karbohidrat atau gula, sementara satu orang lainnya membutuhkan diet  karbohidrat tinggi.
3. Penurunan berat badan dan pengembangan kesehatan lain menjadi ukuran dari diet berdasarkan golongan darah tapi tidak begitu banyak pentingnya untuk golongan darahnya kombinasi, tapi karena diet sehat! Dr D’amano mendorong orang untuk memotong proses dan memperbaiki makanan. Nasihat yang baik bagi siapa saja tanpa memandang golongan darah.

4. Diet rendah kalori mungkin akan mengurangi berat badan bagi semuaorang tanpa memandang golongan darah.

Sumber tulisan: www.diet-blog.com

0 komentar:

Posting Komentar