Jumat, 28 Februari 2014

5 Sumber Lemak Sehat Untuk Dikonsumsi

Apakah kamu menganggap lemak itu jahat dan harus dihindari? Kamu tidak sendiri, banyak orang yang sepakat kalau lemak adalah sumber berbagai penyakit. For starter, lemak berlebih bisa membuat gemuk dan mengganggu penampilan Anda. Tak hanya itu, kelebihan lemak juga bisa menyebabkan berbagai macam penyakit.

Namun tak semua lemak itu jahat. Lemak merupakan sumber energi kedua selain karbohidrat. Tubuh pun sebenarnya butuh lemak, senilai 30% dari kebutuhan kalori harian. Jadi, misalkan dalam sehari Anda membutuhkan 2000 Kalori, berarti minimal 600 kalori berasal dari lemak. Jumlah itu senilai dengan 67 gram lemak, atau 4 sendok makan minyak goreng perhari.

Lalu, lemak seperti apa yang sebaiknya dikonsumsi? Simak artikel berikut dan cobalah memasukannya ke menu makan Anda sehari-hari.

1. Kacang-kacangan. Lemak dalam kacang-kacangan adalah lemak tak jenuh yang baik untuk meningkatkan kadar kolesterol baik dalam darah. Sejauh ini, tidak ada kacang-kacangan yang tidak baik untuk kesehatan, selama tidak digoreng atau digarami berlebihan. Kacang panggang bisa menjadi alternatif lebih sehat untuk menonton bola dibandingkan keripik kentang.

2. Ikan laut. Anda mungkin bosan mendengar ini, namun ikan laut seperti sarden atau salmon kaya akan asam lemak omega-3. Tak hanya baik untuk kesehatan jantung,  asam lemak jenis ini pun dapat memperbaiki mood. Bagaimana dengan ikan air tawar? Sayangnya, ikan-ikan seperti lele atau ikan mas tidak mengandung asam lemak omega-3 sebanyak ikan air laut. Namun itu bukan alasan untuk Anda hindari, karena ikan air tawar pun memiliki nutrisi lengkap.

3. Minyak zaitun. Minyak yang satu ini sangat identik dengan “minyak sehat”. Tak hanya mengandung lemak tak jenuh tunggal, minyak zaitun juga mengandung vitamin E dan polifenol. Satu sumber bahkan menyebutkan, minyak zaitun mengandung 30-40 macam antioksidan yang baik untuk menjaga kesehatan jantung. Anda bisa menggunakan minyak zaitun untuk menumis atau sebagai olesan roti.

4. Alpukat. Buah yang satu ini memang terkenal tinggi lemak, namun lemak dalam alpukat ternyata bermanfaat. Guess what, alpukat ternyata juga mengandung asam lemak jenuh yang sehat. Selain itu, alpukat juga kaya vitamin C dan E untuk menjaga tubuh Anda tetap bugar. Alpukat bisa dijus atau dimakan dengan es serut, dan tak kalah enak sebagai olesan roti atau campuran salad.

5. Minyak Canola. Minyak yang berasal dari biji canola ini tak kalah sehat dengan minyak zaitun. Kandungan omega-3 dalam minyak ini dapat membantu mengurangi risiko terkena penyakit jantung dan stroke. Gunakan minyak ini ketika menumis, atau campurkan dalam salad sebagai dressing.

Walaupun lebih sehat, tetap saja batasi konsumsinya. Too much of a good thing can hurt, dan Anda tentu tidak mau punya “tas pinggang”, bukan?

0 komentar:

Posting Komentar