Rabu, 01 Maret 2017

5 Sayuran rendah kalori yang Membantu Menurunkan Berat Badan | My Raizor Transformation

Bila Anda saat ini sedang menjalankan diet, maka salah satu kebutuhan konsumsi yang harus dipenuhi adalah makanan rendah kalori. Ada beberapa manfaat yang didapat dengan mengonsumsi makanan rendah kalori.

5 Sayuran rendah kalori yang Membantu Menurunkan Berat Badan | My Raizor Transformation

Misalnya, makanan rendah kalori bisa membantu membakar lemak dalam tubuh. Kemudian bisa membuat perut merasa kenyang lebih lama. Dari kandungan gizi yang ada, makanan rendah kalori memiliki vitamin serta mineral yang tinggi.

Sayur-sayuran menjadi contoh makanan rendah kalori serta bebas lemak yang bagus dikonsumsi ketika Anda sedang melakukan diet mengingat banyaknya nutrisi yang ada didalamnya.

Dilansir dari sejumlah sumber, (28/2), berikut sejumlah sayuran rendah kalori yang membantu menurunkan berat badan:

1. Kembang kol
Sayur berupa kembang kol sangat baik dikonsumsi untuk menurunkan berat badan. Alasannya, dalam 100 gram kembang kol memiliki kandungan 25 kalori serta jumlah serat yang tinggi.

Selain itu, kembang kol juga mengandung vitamin C yang tinggi dan dianggap sebagai sayuran dengan prosentase bebas lemak paling baik. Kembang kol juga memiliki kandungan serat tinggi.

Jika dimasak sebagai sayuran utama, maka bisa membantu Anda untuk merasa kenyang lebih lama. Hal ini sangat membantu untuk mengendalikan berat badan.

2. Tomat
Selain kembang kol, juga ada tomat yang bisa membantu menurunkan berat badan bila dikonsumsi. Caranya dengan mengonsumsi tomat secara rutin sebelum melakukan latihan fisik.

Kombinasi keduanya akan membantu pembakaran lemak dalam tubuh sehingga membantu mencegah kolesterol serta tekanan darah tinggi (hipertensi). Dengan pembakaran lemak yang baik, berat badan yang berlebih bisa diturunkan.

Dalam 100 gram tomat mengandung 18 kalori. Selain itu tomat juga memiliki protein tinggi, karbohidrat serta kalori yang berperan penting untuk membantu mengatasi masalah berat badna.

3. Mentimun
Mentimun diyakini sebagai salah satu jenis makanan rendah kalori paling baik untuk membantu menurunkan berat badan. Kenyataannya, didalam 100 gram mentimun hanya ada kandungan 16 kalori.
                                    Mentimun. (pixabay)

Mentimun memiliki kandungan serat tinggi yang membantu mengatasi gangguan pencernaan sehingga proses metabolisme tubuh berjalan lancar. Untuk menjalankan program diet, dibutuhkan air, vitamin C serta makanan yang memiliki sifat anti-inflamasi. Nah, mentimun memiliki kandungan itu semua.

 4. Asparagus
 Asparagus menjadi salah satu makanan rendah kalori yang bagus untuk Anda konsumsi. Dalam 100 gram asparagus ada 20 kalori. Asam amino didalam asparagus bisa berfungsi membantu mengeluarkan cairan berlebih dari sistem tubuh atau fungsi diuretik. 

Asparagus bisa membantu penurunan berat badan karena kandungan serat didalamnya bisa membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Hal itu  akan membuat Anda mengonsumsi sedikit makanan berikutnya.

5. Seledri
 Seledri adalah jenis sayuran yang mengandung beberapa senyawa seperti serat dan air. Kandungan serat dalam seledri bisa mencapai 25% sedang kandungan airnya mencapai 75 persen.
                                    Seledri. (pixabay)

Seledri merupakan tanaman herbal yang sangat rendah kalori. Dalam 100 gram daun seledri hanya mengandung 16 kalori. Di dalam seledri juga ada serat non larut. Bila dikombinasikan antara kalori dan serat non larut bisa menurunkan berat badan serta kadar kolesterol dalam darah.

Air dan serat didalam seledri mengandung natrium serta kalium yang bisa membantu mengisi tubuh dengan elektrolit (ion tubuh) yang berfungsi menjaga tubuh tetap terdehidrasi. Seledri juga mengandung vitamin C yang penting untuk proses metabolisme tubuh yang maksimal.

0 komentar:

Posting Komentar