Kamis, 16 Maret 2017

Lima Sumber Makanan Sehat Konsumsi | My Raizor Transformation

Setiap hari, tubuh membutuhkan asupan makanan yang memiliki gizi seimbang yang ada pada menu makanan yang dimakan. Bagi orang yang sedang diet atau orang yang ingin hidup sehat membutuhkan menu makanan sehat.

Asupan makanan pada menu makan sehat tersebut harus mengandung sumber gizi untuk tubuh seperti karbohidrat, protein, lemak, mnieral, vitamin serta air. Dengan demikian, tubuh bisa sehat dan dapat digunakan untuk beraktifitas.


Lima Sumber Makanan Sehat Konsumsi | My Raizor Transformation

Inilah penjelasan mengenai makanan sehat untuk dimakan melalui enam sumber makanan sehat berikut:

1. Karbohidrat

Karbohidrat menjadi sumber energi utama bagi tubuh manusia. Asupan karbohidrat yang maksimal bisa memberi kesehatan serta mampu bekerja maksimal organ otak.

Makanan sumber karbohidrat berasal dari kacang-kacangan, sayuran, buah, biji-bijian utuh, serta dari susu. Ada pula sumber makanan karbohidrat yang harus dibatasi penggunaannya.

Seperti kue manis, permen, keripik kentang, minuman soda, minuman buah dalam kemasanserta nasi putih. Misalnya pada minuman soda. Menurut International Journal Clinical Practice, jika mengonsumsi minuman soda terus menerus akan meningkatkan kadar gula tinggi pada tubuh dengan risiko tubuh berpotensi terkena diabetes tipe 2.

Selain itu, minuman soda menimbulkan efek kafein yang ada dalam minuman tersebut berupa insomnia, tekanan darah tinggi, denyut jantung tidak teratur. Selain itu juga unsur natrium pada minuman soda tidak sesuai untuk kesehatan tubuh.

                                      Susu. (pixabay)

2. Protein

Mengonsumsi sumber makanan protein sangat berguna bagi tubuh manusia. Tubuh akan tumbuh dengan baik juga asupan protein yang didapat cukup memadai.

Selain itu, makanan yang mengandung protein bisa membantu tubuh menyebuhkan dirinya sendiri serta menjaga kesehatan tubuh. Contoh makanan sehat yang bisa dimakan yang mengandung protein adalah kacang-kacangan, kedelai, keju, daging, daging unggas, serta telur.

3. Lemak

Makanan lemak sangat populer sebagai makanan yang patut dihindari  karena, alasan yang paling sederhana adalah bisa membuat tubuh jadi gemuk. Namun demikian, makanan lemak tidak selalu harus dijauhi.

Mengapa? Karena makanan lemak juga dibutuhkan tubuh untuk menjaga struktur sel serta membantu berfungsinya membran sel dengan baik. Selain itu makanan lemak berfungsi membantu tubuh menyerap vitamin serta menjaga sistem kekebalan tubuh.  

Dilansir dari deherba.com, beberapa makanan yang mengandung lemak baik adalah ikan, alpukat,biji-bijian, kacang-kacangan, minyak zaitun, telur, sayuran dan makanan yang mengandung Omega-3.
Lakukan pembatasan makanan berlemak seperti makanan cepat sajim sosis, burger, serta pizza. Sejumlah makanan tersebut jika tidak dibatasi konsumsinya berdampak negatif untuk tubuh misalnya berpotensi terkena penyakit jantung dan kenaikan berat badan.

4. Mineral dan vitamin
Mineral dan vitamin bisa membantu menjalankan organ-organ tubuh dalam menjalankan fungsinya. Ada 13 macam vitamin yang dibutuhkan tubuh.

Sumber makanan yang mengandung banyak vitamin antara lain sayuran warna hijau dan kuning, buah-buahan dengan warna kuning serta merah misalnya wortel, pisang dan pepaya.
 Sedang mineral yang dibutuhkan tubuh adalah selenium, zinc, kalium, zat besi serta kalium. Makanan yang mengandung mineral sangat tinggi antara lain pada buah-buahan seperti semangka, jambu, manggis, serta alpukat.

5. Air. 

Air tidak mempunyai nutrisi namun bisa menghidrasi tubuh. Setengah dari komposisi tubuh mausia terdiri dari air. Selain dari air minum, cairan untuk tubuh berasal dari makanan seperti buah dan sayuran.


Jika Anda berencanakan melakukan diet, maka kandungan gizi dari makanan sehat yang bisa dimakan seperti telah diterangkan diatas bisa dijadikan sebagai menu diet yang baik. 

0 komentar:

Posting Komentar