Rabu, 11 Desember 2013

Tips sehat mencegah dari penyakit jantung

Penyakit jantung merupakan penyebab utama kematian bagi pria dan wanita di Indonesia. Penyakit jantung adalah istilah umum yang mencakup berbagai kondisi kardiovaskular, termasuk penyakit pembuluh darah, penyakit arteri koroner, aritmia, cacat jantung bawaan dan infeksi pada jantung.

Meskipun penyakit jantung merupakan kondisi yang serius, ada beberapa pilihan gaya hidup sederhana yang dapat Anda lakukan untuk menurunkan risiko terkena penyakit jantung.


Jauhkan diri dari rokok
1. jika anda perokok, Buatlah upaya untuk berhenti merokok. Jika Anda tidak merokok sekarang, jangan coba-coba utnuk merokok. Cari metode yang tepat untuk berhenti merokok yang efektif untuk Anda. Sebagian orang memilih untuk melatih diri mereka berhenti merokok dengan menurangi jumlah yang dikonsumsi setiap hari.
2. konsultasikan dengan dokter Anda tentang obat-obatan dan alat bantu lainnya untuk berhenti merokok.  meresepkan obat untuk membantu Anda dalam menghentikan kebiasaan merokok Anda.
3. Cari komunitas yang dapat membantu anda untuk berhenti merokok
4. Hilangkan paparan semua produk tembakau, termasuk mengunyah tembakau. Tembakau mengandung nikotin, yang dapat mempersempit pembuluh darah, memaksa jantung bekerja lebih keras. Hal ini menyebabkan peningkatan tekanan darah dan meningkatkan denyut jantung Anda, yang meningkatkan risiko penyakit jantung.
5.  Jangan jadi perokok pasif. Selain nikotin, ruangan yang penuh asap karbon monoksida yang menggantikan beberapa oksigen dalam aliran darah ketika dihirup. Ketika ini terjadi, jantung dipaksa bekerja lebih keras untuk memasok oksigen ke tubuh, yang menyebabkan tekanan darah meningkat dan meningkatkan risiko penyakit jantung.

Latihan olah raga secara teratur untuk Menjaga Berat Badan Anda
1. Terlibat dalam beberapa jenis aktivitas fisik seperti olah raga selama minimal 30 menit per hari, 5 hari per minggu atau lebih.  Olahraga Tidak hanya mengurangi risiko penyakit jantung lebih rendah secara langsung, juga secara tidak langsung menurunkan kesempatan tubuh Anda untuk terkena penyakit lainnya seperti kolesterol tinggi dan diabetes.
Berolahraga secara teratur untuk beristirahat dan bersantai, yang secara signifikan dapat menurunkan tingkat stres Anda. Tingkat stres tinggi merupakan faktor risiko untuk perkembangan terjadinya penyakit jantung.

Pertimbangkan Faktor Lain
1. jaga berat badan Anda. Individu yang kelebihan berat badan lebih mungkin untuk terkena risiko penyakit jantung, seperti tekanan darah tinggi, kadar kolesterol tinggi dan diabetes.
2. Menghitung indeks massa tubuh untuk menentukan apakah Anda memiliki kelebihan lemak tubuh dan berada pada berat badan yang sehat yang sesuai dengan ukuran  tinggi badan Anda.
3. Gunakan pita pengukur untuk mengukur lingkar pinggang Anda. Sebuah pengukuran 40 inci atau lebih dianggap kelebihan berat badan untuk pria, dan pengukuran 35 inci atau di atasnya merupakan kelebihan berat badan untuk wanita. Karena lemak perut sangat berbahaya dan dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit jantung, pengukuran lingkar pinggang merupakan alat yang efektif dalam manajemen berat badan.

Makan Makanan untuk jantung sehat Jantung Sehat

Jadwal Pemeriksaan Kesehatan
1. Periksa tekanan darah secara teratur, minimal setiap setahun sekali. Jika pemeriksaan tekanan darah menunjukkan bahwa angka tekanan darah andea tidak berada dalam kisaran normal, pemeriksaan ulang yang lebih sering sangat diperlukan.
2.  Periksa kadar kolesterol, dimulai pada usia 20. Jika kadar kolesterol tidak berada dalam kisaran normal, pemeriksaan ulang kadar kolesterol sesering mungkin sangat diperlukan. Individu dengan faktor risiko penyakit jantung memerlukan pemeriksaan kolesterol setiap tahunnya.

Pelajari Cara Mengendalikan Stres
1. Mengidentifikasi diri anda sendiri terhadap situasi atau kondsi seperti apa dalam hidup Anda yang menyebabkan anda stress, dan mencoba untuk menghilangkan atau memodifikasi kondisi stress tersebut. Pelajari mekanisme sumber stres yang tidak dapat dihilangkan, seperti stres di tempat kerja. Mengeksplorasi pilihan untuk menghilangkan stres seperti yoga, meditasi, visualisasi, aromaterapi dan teknik pernapasan dalam.
2. Senyum bahagia. Sebuah senyuman bahagia dapat menurunkan tekanan darah dan normalisasi detak jantung, serta dapat meningkatkan kinerja lapisan pembuluh darah.

Tidur yang cukup
1. pastikan bahwa Anda tidur sekitar 7-8 jam sehari.
- Batasi konsumsi kafein
- Cobalah untuk tidur pada waktu yang sama setiap malam, untuk mengatur siklus tidur-bangun Anda.
- Berolahraga secara teratur untuk meningkatkan kadar serotonin.
-  Menahan diri dari menonton televisi atau menggunakan laptop di tempat tidur.
2. Hubungi dokter Anda jika pengobatan rumah untuk meningkatkan kualitas tidur terbukti tidak efektif.

0 komentar:

Posting Komentar